Tuesday, September 1, 2015

Padang punya Pulau Pagang

kisah pulau pagang


pulau pagang


Akhirnya setelah sekian lama mendambakan pergi ke Pulau dengan air jernih, keinginan saya kesampaian juga. Padahal tidak terlintas dalam pikiran saya untuk mengunjungi Pulau Pagang. Tadinya, saya berencana ke Pulau Peucang di Ujung Kulon, tapi apa daya, entah takdir atau kurang usaha, saya selalu saja gagal kesana. Hehehe

Bermula dari misi khusus yang mengharuskan saya ke Padang, Sumatera Barat. Saya memanfaatkan kesempatan untuk mengunjungi Pulau indah yang ada disana. Berkat bantuan Google yang keren itu. Saya menemukan beberapa opsi Pulau cantik untuk dikunjungi yaitu Pulau Emas/ Pantai Suwarnadwipa, Pulau Pagang, Pulau Pamutusan, Pulau Sikuai, serta Pulau Pasumpahan.

Banyaknya pilihan membuat saya bingung, setelah tanya sana sini, konsultasi dengan agen tour, pencarian mendalam lewat google, sholat istikhoroh, menghitung kelopak bunga, menghitung kancing, bersemedi di kamar mandi (lebay). Hahaha. Finally, pilihan saya jatuh pada Pulau Pagang, Pulau Emas, dan Pulau Pasumpahan.

Excited bercampur curiga saya rasakan menjelang keberangkatan. Saya curiga karena biasaya sih foto yang saya temukan di google itu sudah di make up dulu supaya terlihat lebih ciamik (ya iyalahh, emang manusia aja yang bisa di make up, foto juga dong hehehe). Berdasar pada pikiran negative itu, maka saya tidak menaruh ekspektasi yang tinggi. Just enjoy the moment..

Saya dan tim akhirnya menyebrang dengan perahu berkapasitas 15 orang, perjalanan memakan waktu 45 menit untuk tiba di Pulau Pagang. Dan, inilah Pulau Pagang



          Pulau Pagang memiliki pasir putih dan halus, gradasi air berwarna hijau tosca, kebiruan, dan biru, tepi pantainya dangkal, terumbu karang bisa dilihat hanya dengan berenang beberapa meter dari tepi pantai. Saya melihat orang orang sedang snorkeling dan bermain banana boat. Fasilitas di Pulau ini cukup memadai seperti listrik, penginapan, dan toilet umum.


pulau pagang





          Beberapa bagian dari tepi pantai memiliki tekstur kasar karena pecahan karang yang sudah mati.


          Airnya jernih, saya bisa melihat karang tanpa harus snorkeling dahulu. Ikan disinipun cukup banyak dan berwarna warni, saya sih tidak begitu tahu apa nama ikan ikan itu.. hehehe. Sayangnya saya tidak mengabadikan momen saat saya melihat ikan-ikan itu berseliweran.

Tujuan selanjutnya yaitu Suwarnadwipa atau ada juga yang menyebutnya Pulau Emas. Ini penampakan pulaunya..


Suwarnadwipa beach club and resort, itulah tulisan yang tertera tepat di depan Pulau ini. Airnya jernih dan terumbu karang terlihat jelas. Saya sesungguhnya ingin langsung berenang, tapi nanti tour guide saya pasti marah jika saya melakukan itu tiba tiba. Haha

Pulau pagang dan Suwarnadwipa ini saling berdekatan, hanya butuh 15 menit perjalanan dengan perahu. Suwarnadwipa memiliki fasilitas yang sangat memadai, ada resto, penginapan, toilet umum yang unik, dan dermaga khusus untuk tamu resort. Secara pribadi, saya lebih menyukai tepian pantai di pulau Pagang dari pada Suwarnadwipa karena …(jawabannya akan diketahui kalau anda pergi kesini..hehe)

Saya hanya sebentar singgah di Suwarnadwipa karena hari sudah sore dan tour pun masih harus berlanjut ke Pulau Pasumpahan. Konon kataya mengapa dinamakan Pulau Pasumpahan karena pada jaman dahulu kala, ibunda Malin Kundang menyumpahi anaknya menjadi batu di Pulau ini. Pasumpahan dalam bahasa Minang berarti Pesumpahan. Pastinya sudah banyak yang pernah mendengar legenda ini. Patung Malin Kundang sendiri bisa kita lihat di Pantai air Manis yang berada cukup jauh dari Pulau Pasumpahan.



Pulau pasumpahan serupa dengan Pulau Pagang karena memiliki pasir putih halus dengan gradasi air yang hijau kebiruan, fasilitas pun sudah memadai walaupun belum ada yang membangun resort sekelas Suwarnadwipa di pulau ini. Saya pun tidak lama singgah disini, hari sudah sore dan tour guide pun meminta saya kembali ke perahu untuk segera pulang.

Dari ketiga pulau tersebut, saya paling menyukai Pulau Pasumpahan. Pemandangan yang bisa saya lihat dari pulau ini sangat indah. Suatu hari mungkin saya akan kesana lagi.


Fyi :

-         Saya menggunakan tour untuk paket one day trip ke ketiga pulau ini dengan biaya 275K/pax

-         Penyebrangan ke pulau melalui pantai Pesona Bungus

-         Perjalanan Menuju Pantai pesona Bungus kurang lebih memakan waktu sekitar 40 menit dari Kota Padang

-    Foto – foto diatas adalah asli (tidak melalui proses editing sama sekali ) diambil menggunakan kamera digital Canon Exifilm 14 MP.



         


0 comments:

Post a Comment

OPEN TRIP

 

Copyright © NGETRIPLAGI™ is a registered trademark.
Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.